KEGIATAN KAMPUS

image

Workshop BIG DATA

Sabtu, 6 Oktober 2018.

Workshop Big Data: Big Data, Hadoop, Storm, Media Sosial dan Medical Data Analisys.

Big Data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Big Data telah digunakan dalam banyak bisnis. Tidak hanya besar data yang menjadi poin utama tetapi apa yang harus dilakukan organisasi dengan data tersebut. Big Data dapat dianalisis untuk wawasan yang mengarah pada pengambilan keputusan dan strategi bisnis yang lebih baik.

Hadoop adalah framework atau platform open source berbasis Java di bawah lisensi Apache untuk support aplikasi yang jalan pada Big Data. Hadoopmenggunakan teknologi Google MapReduce dan Google File System (GFS) sebagai fondasinya.

Apache Storm adalah sistem komputasi real-time terdistribusi untuk memproses jumlah data yang besaryang sangat cepat secara paralel dan skala. Storm adalah pemrosesan data realtime seperti Apache Hadoop dan MapReduce untuk pemrosesan data batch. Dengan antarmuka pemrograman yang sederhana, Storm memungkinkan pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi yang menganalisis aliran data tuple; sebuah tupel mungkin bisa berisi objek dari jenis apapun.

 

 

Media sosial adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

 

Pembicara:
1. Bagus Rully Muttaqin
2. Dr. Herwanto

By | 06 - OKT | Workshop . Research| 0 COMMENTS |