KEGIATAN KAMPUS

image

Seminar Ilmiah Integrasi Pemanfaatan Ruang Wilayah Provinsi Kabupaten Kota dengan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil

 

Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah & Kota Universitas Krisnadwipayana menyelenggarakan seminar ilmiah yang bertemakan "Integrasi PemanfaatanRuang Wilayah Provinsi/Kabupaten/Kota dengan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil" bertempat di Pendopo Universitas Krisnadwipayana.

Seminar ini merupakan kerja sama antara Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah & Kota Universitas Krisnadwipayana dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah & Kota Universitas Krisnadwipayana sebagai agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.Dihadiri oleh 100 peserta yang antusias mengikuti seminar ilmiah ini.

"Implementasi pemanfaatan ruang di Indonesia di antaranya: Zonasi, KIP di Perkotaan, Ruang Terbuka Hijau, Manajemen dan Konsolidasi Lahan serta Reklamasi." Ucap Dr. Ir. H Budiyono S. M.Si selaku Kepala Pusat Pengkajian Teknologi dan Lingkungan Universitas Krisnadwipayan asebagai keynote speech pada seminar kali ini.

"Perlu sinkronisasi rencana struktur ruang dan pola ruang, arahan pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang di wilayah pesisir." UcapAndriHariRochayanto, ST,M.Sc selaku Kasubdit Pembinaan Wilayah II, Direktorat Pembinaan Perencanaan Tata Ruang dan Pemanfaatan Ruang Daerah.

"Rencana tata ruang laut diharapkan dapat melindungi dan mengamankan pola-pola alami dari konektifitas berbagai macam spesies  laut dengan tahapan kehidupannya yang berbeda-beda."  Papar Dr. Zefri, M.Si selaku Wakil Dekan I Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana.

"Perlu komitmen bersama seluruh penyelenggara dan pengelolaan pemanfaatan ruang untuk menciptakan integrasi pemanfaatan ruang yang rijid sesuai dengan karakteristik dan daya dukung ruang wilayah provinsi, kabupaten dan kota dengan ruang wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil." Lanjut Ir. Suharyanto, M.Sc selaku Direktur Perencanaan Ruang Laut, Direktorat Jendral Pengelolaan Ruang Laut.

Dalam acara seminar ilmiah ini juga terdapat pameran karya ilmiah oleh Ikatan Mahasiswa Perencanaan Indonesia Korwil JABOTABEK. Acara seminar ilmiah ini mendapat apresiasi terutama dari para narasumber dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana. "Saya salut dengan Prodi Teknik PWK Unkris yang selalu menjadi leader karena selalu menjadi yang pertama dalam mengadakan seminar ilmiah setiap tahunnya." Ucap Dr. Ir. Ayub Muktiono, M.SiP selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana.

 

Jakarta, 28 Juli 2018

By | 28 - JUL | Seminar . Research| 0 COMMENTS |