BLOG FAKULTAS TEKNIK UNKRIS

image

7 Orang Ini Wajib Diketahui Mahasiswa Baru Saat di Kampus

Menjadi mahasiswa baru emang banyak banget yang harus dipelajari. Mulai dari sistem dan seluk beluk di kampus, organisasi, dan event penting di kampus. Nah sebagai pendatang baru di kampus, alangkah baiknya kamu untuk tahu tentang 7 orang ini selain teman sekelas kamu yaKarena kamu mungkin membutuhkan bantuan mereka sewaktu di kampus, tapi bukan berarti kamu harus kenal ya tapi minimal wajib tahu!

 

So, siapa aja mereka ? Nah, berikut 7 orang yang mahasiswa baru wajib tahu saat di kampus!

1. Rektor dan dekan

7 Orang Ini Wajib Diketahui Mahasiswa Baru Saat di Kampus, Kamu Sudah?Pixabay.com

 

Sudahkah kamu tahu siapa rektor dan dekan di kampusmu? Rektor itu merupakan Kepala Universitas dan merupakan jabatan tertinggi di kampus. Selanjutnya adalah dekan, yakni kepala fakultas yang tugasnya mengurusi semua hal yang berkaitan dengan akademik fakultas dan setiap fakultas punya dekan yang berbeda.

Selain itu masih ada lagi jajaran di bawahnya seperti ketua program studi dan lainnya yang bakal kamu temukan seiiring dengan waktu.

2. Dosen

 
7 Orang Ini Wajib Diketahui Mahasiswa Baru Saat di Kampus, Kamu Sudah?Pixabay.com

 

Nah, dosen ini biasanya yang paling sering berinteraksi dengan mahasiswa karena sebagai pengajar. Pastikan kamu untuk mengenal dosen kamu ya dan kalau bisa dikenal oleh dosenmu. Mana tahu dosen itu ternyata sebagai dosen pembimbingmu, kamu jadi lebih mudah deh untuk berdiskusi soal skripsi.

3. Bagian administrasi

7 Orang Ini Wajib Diketahui Mahasiswa Baru Saat di Kampus, Kamu Sudah?Pixabay.com

 

Orang-orang yang bekerja di bagian administrasi biasanya mengurus berbagai hal terkait dengan administrasi mahasiswa seperti pengisian krs (kartu rencana studi) dan aktivitas akademik lainnya. Jadi, pastikan kamu mengenal wajah-wajah mereka ya kalau kamu perlu informasi penting lainnya.

 

4. Senior atau kakak kelas

7 Orang Ini Wajib Diketahui Mahasiswa Baru Saat di Kampus, Kamu Sudah?Pixabay.com

 

Nah, usahakan juga kamu mengenal senior atau kakak kelasmu ya. Mereka punya pengalaman lebih banyak tentu mereka bisa diminta sharing seputar dunia kuliah seperti dosen, mata kuliah yang diambil sampai tips belajar. Jadi, mengenal kakak kelas itu tujuannya bukan cuma buat cari jodoh ya!

5. Teman di kelas sebelah

7 Orang Ini Wajib Diketahui Mahasiswa Baru Saat di Kampus, Kamu Sudah?Photo by Samantha Gades on Unsplash

 

Jadi, dalam setiap mata kuliah kelas biasanya terbagi-bagi dalam beberapa kelas misalnya kelas a-c atau cuma satu kelas aja. Selain mengenal teman sekelasmu, ada baiknya juga kan mengenal teman di kelas sebelah? Hitung-hitung nambah relasi dan gak ada ruginya kok apalagi kalau kamu sewaktu-waktu memerlukan bantuan mereka.

6. Satpam & petugas kebersihan

7 Orang Ini Wajib Diketahui Mahasiswa Baru Saat di Kampus, Kamu Sudah?Pixabay.com

 

Satpam (security) dan petugas kebersihan yang biasa disebut cleaning service ini, kebanyakan pekerjaan mereka dianggap remeh oleh sebagian orang. Semoga kamu gak termasuk ya, karena pekerjaan mereka itu secara tidak langsung juga kamu rasakan kok manfaatnya. Coba bayangkan kalau kelas kamu kotor banget ataupun mau nitip sesuatu ke pos satpam, gimana? Jadi, sebisa mungkin kamu harus tahu atau mengenal mereka ya.

7. Anggota organisasi kampus

7 Orang Ini Wajib Diketahui Mahasiswa Baru Saat di Kampus, Kamu Sudah?Pixabay.com

 

Nah, bagi kamu yang suka aktif dengan berbagai aktivitas, boleh juga nih kenalan dengan anggota organisasi kampus misalnya anggota BEM ( badan eksekutif mahasiswa). Dengan begitu,kamu bisa dapat informasi seputar kegiatan kemahasiswaan seperti kompetisi, study banding hingga pertukaran pelajar kalau saja kamu berminat bergabung.

By: FT UNKRIS | 2018-07-03 | 03 |

COMMENTS